Info 9 Tempat Wisata Terbaru di Purwakarta

  • 0
waduk jatiluhur

Info 9 Tempat Wisata Terbaru di Purwakarta

Category : Jawa Barat

Wilayah Purwakarta memiliki banyak tempat wisata menarik yang baru diekplorasi dan layak untuk anda kunjungi saat liburan. Kota ini berbatasan dengan ibukota Jawa Barat, yaitu Bandung dan bahkan menjadi salah satu jalur alternatif kala musim mudik Lebaran. Akses menuju beberapa obyek menarik yang tersedia di wilayah ini cukup mudah. Karena kota Purwakarta dilintasi oleh jalan tol terkenal yaitu tol PURBALEUNYI, yang merupakan penghubungi tiga kota. Apa saja tempat wisata menarik, terbaru dan populer di wilayah ini? Informasinya tersedia secara lengkap di bawah ini.

Adapun obyek menarik yang menjadi tujuan berlibur terbaru dan berwisata alam bagi anda yang kami rekomendasikan diantaranya:


  1. Curug Cipurut. Akses menuju air terjun yang indah ini cukup mudah dan hanya sejauh 30 kilometer dari pusat kota Purwakarta. Waktu tempuh menuju tempat wisata ini kurang dari satu jam. Perjalanan yang anda lakukan melalui Wanayasa hingga ke desa Sumurugul. Air terjun ini berketinggian sekitar 25 meter dan bertingkat-tingkat. Jika anda pernah mengunjungi Sendang Gile Lombok, maka suasananya serupa baik panjangnya curahan air dan hawanya yang sejuk.

    air terjun di purwakarta

    Curug Cipurut

  2. Situ Wanayasa. Tempat wisata berbentuk danau yang cantik ini berjarak 23 kilometer sebelah tenggara Purwakarta. Danau dengan luas sekitar 7 hektar ini berdampingan Curug Cipurut yang terletak di lereng gunung Burangrang. Apakah hal menarik dan unik yang akan anda temukan di sini? Yaitu keberadaan pulau di tengah danau, yang memrupakan tempat ziarah karena terdapat makam RA Suriawinata yang dulunya bupati Karawang. Jadi anda bisa membayangkan kondisinya seindah situ Patenggang yang ada di wilayah Ciwidey, yang juga memiliki pulau di tengahnya.

    danau wanayasa

    Situ Wanayasa

  3. Waduk Jatiluhur. Inilah tempat yang paling populer dan paling banyak menyedot perhatian wisatawan. Luasnya 8300 hektar dan akses yang mudah serta kurang dari 2 kilometer dari pintu keluar tol Purbaleunyi ini, atau berjarak sekitar 9 kilometer dari pusat kota. Di Jatiluhur anda juga bisa beristirahat karena tersedia berbagai hotel dan resort yang langsung menghadap danau. Pengunjung yang datang, bisa melakukan olah raga renang, mendayung, memancing atau mencicipi hidangan lezat khas Jawa barat di resto apung yang tersedia di atasnya. Jika di floating market wilayah Lembang, penjual dan pembeli berkeliling menggunakan perahu, maka untuk yang di Purwakarta ini, rumah makannya yang terapung dan anda dapat mengunjungi dengan perahu.

    waduk jatiluhur

    Waduk Jatiluhur

  4. Waduk Cirata. Berbentuk danau dengan luas 62 kilometer persegi ini, dikelilingi oleh bukit yang indah. Tempat yang direkomendasikan untuk wisatawan sebagai lokasi mancing yang seru ini jaraknya 15 kilometer dari kota Purwakarta dan dapat dikunjungi melalui wilayah Pleret. Konon PLTA Cirata adalah yang terbesar di Asia Tenggara dan merupakan penampungan air dari sungai Citarum. Anda tertarik mengajak keluarga berekreasi di obyek yang indah ini?

    bendungan terbesar di asia tenggara

    Waduk Cirata

  5. Belanja Keramik Plered. Bagi yang menyukai guci dan keramik sebagai penghias rumah, biasanya pernah mendengar nama Plered. Tempat wisata belanja ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat Purwakarta. Arahkan mobil anda menuju danau Cirata maka sebelum mencapai waduk tersebut, anda akan menemukan sentra penjualan keramik di kanan dan kiri jalan. Penjualan keramik di desa Anjun di Plered ini konon juga telah diekspor ke berbagai negara. Kebanyakan melalui jasa perantara pihak ketiga yang ada di pulau Batam, lalu dari sana dikirim ke luar negeri melalui kapal laut.

    tempat wisata belanja keramik

    Keramik Plered

  6. Pemandian Air Panas Ciracas. Lokasinya sekitar 8 kilometer dari Situ Wanayasa. Ada sekitar 12 mata air yang menyembul di tempat wisata ini. Bagi anda yang menderita penyakit kulit, berendam di obyek ini sangat cocok sebagai terapi penyembuhan. Memang penataannya masih sangat sederhana dan cenderung kolamnya kurang terawat, tidak se-modern Toya Bungkah di Kintamani yang dikelola swasta. Tetapi kecantikan alam dengan persawahan dan bukit di sekelilingnya sangat mempesona pengunjung yang datang.

    pemandian air panas ciracas

    Pemandian Ciracas

  7. Situ Buleud. Inilah danau paling strategis karena terletak di pusat kota Purwakarta. Tempat berwisata terbaru sekaligus menjadi landmark (ikon) ini, memiliki perencanaan yang cukup modern. Sejarahnya, situ Beleud adalah kolam berendam binatang Badak. Lalu pada masa kolonial Belanda, tempat ini menjadi lokasi peristirahatan. Dan kini, sesuai dengan siteplan perencanaan kota, di sini akan dibangun museum unik yang berada di bawah tanah dan taman air mancur Siliwangi.

    ikon kota purwakarta

    Taman Situ Buleud

  8. Giri Tirta Kahuripan. Wisata agro terbaru yang menawarkan keindahan alam perbukitan dengan konsep resort yang menawan. Obyek yang bagaikan mutiara dari Wanayasa ini dalam waktu singkat menjadi populer dan terkenal hingga keluar negeri. Beberapa tamu yang datang ke tempat ini dalam rangka liburan rileks atau bahkan berbulan madu. Selain berbagai wahana permaianan di alam yang tersedia, yang paling disukai oleh pengunjung adalah skypool yang terkesan berbatasan dengan langit dalam bidikan foto. Penataannya yang seolah berada di ujung daratan dengan view perbukitan sejuk merupakan panorama yang indah.

    resort di purwakarta

    Giri Tirta Kahuripan

  9. Desa Sajuta Batu. Merupakan wisata alam di Purwakarta yang cukup unik. Tempat ini terletak di desa Pasanggrahan, kecamatan Tegalwaru. Kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung diantaranya jelajah desa dengan alam perbukitan dan sawah yang hijau, memancing, panjat tebing di gunung Parang serta olah raga offroad dan bumi perkemahan yang menarik. Lokasi ini palingh sering digunakan sebagai tujuan liburan pelajar dan anak muda atau fotografer panorama dan pre wedding.

    pemandangan gunung parang

    Desa Sajuta Batu

Selain sembilan obyek menarik alami dan buatan yang telah kami sebutkan di atas, di purwakarta anda juga dapat berwisata ziarah, kuliner dan sejarah di beberapa tempat yang direkomendasikan berikut ini:

  • Makam RA Suriawinata.
  • Makam Baing Yusuf.
  • Makam Mama Sempur.
  • Kuliner sate Maranggi.
  • Soto Sadang.
  • Sambel Hejo.
  • RM Ciganea.

About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege