8 Tempat Menyelam dan Snorkeling Favorite di Bali

  • 0
bangkai kapal karam tulamben

8 Tempat Menyelam dan Snorkeling Favorite di Bali

Membahas wisata di pulau Bali tidak akan pernah habis. Obyek yang dapat diulas selain menunjukkan keindahan alam di daratan, budaya, seni juga keindahan bawah lautnya. Spot tempat menyelam (scuba diving dan snorkeling) yang terkenal dan populer serta menjadi lokasi favorite wisatawan baik domestik maupun turis asing cukup banyak tersedia. Dan lokasinya menyebar di seluruh pulau Dewata. Yang menarik, beberapa spot dapat digunakan oleh pemula tanpa perlu memiliki sertifikat menyelam, karena memang difungsikan sebagai tempat diving bagi pengunjung umum (amatir). Anda tentu penasaran, bukan? Berikut ulasannya untuk anda.

Adapun 8 lokasi scuba diving dan snorkeling spot favorite di Bali diantaranya:


  1. Pantai Tanjung Benoa. Tempat ini memang bukan lokasi idaman bagi penyelam profesional. Lokasinya memang diperuntukkan sebagai bagian dari hiburan untuk wisatawan. Menyelam di Tanjung Benoa disebut dengan atraksi “sea walker”, dan anda tidak perlu repot membawa tabung oksigen maupun bernafas dari mulut. Silakan kenakan “helm kaca” dan anda bernafas seperti biasa selayaknya di darat. Lalu turun pada kedalaman 7 meter untuk melihat keindahan taman laut, koral dan terumbu karang didampingi penyelam profesional. Selain itu, di sekitar pantai ini juga banyak terumbu karang yang dapat anda eksplor dengan snorkeling.

    sea walker tanjung benoa

    Tanjung Benoa

  2. Pantai Tulamben. Spot penyelaman yang sangat terkenal hingga mancanegara. Semenjak fotografer Amerika datang ke tempat ini untuk membuat dokumentasi hunting foto underwater, maka alam bawah laut di pantai Tulamben. Istilah yang sering digunakan untuk lokasi penyelaman ini adalah Bali Reef Divers. Yang menarik di taman laut Tulamben adalah keberadaan bangkai kapal Usat Liberty yang karam sejak tahun 1942. Tetapi anda tidak dapat melihatnya jika anda hanya melakukan kegiatan snorkeling saja. Selain itu, area penyelaman di Tulamben juga beberapa kali digunakan sebagai lokasi foto prewedding Bali yang unik karena menggambarkan keindahan bawah laut. Jika anda tertarik ke sini, arahkan kendaraan menuju ke Karangasem (Bali Timur). Bahkan anda dapat mengkombinasikan dengan melihat keindahan daratan wilayah Karangasem, yaitu berkunjung ke taman air Tirta Gangga yang masih satu area dengan Tulamben.

    bangkai kapal karam tulamben

    karya Von Wong di Kapal Karam Tulamben

  3. Pantai Sanur. Dive spot di kawasan pantai sanur Bali ini juga bertujuan untuk atraksi wisata seperti di Benoa. Lokasi penyelaman di sini bernama “sanur sea walker” tetapi tidak seramai di Tanjung Benoa. Hal ini disebabkan tempat permainan water sport di Sanur tidak selengkap yang di selatan Bali. Jika anda tertarik menyelam di pantai Sanur, perhatikan waktunya. Karena pada saat tertentu musim ombak besar sehingga menyulitkan pengelihatan di bawah air. Spot untuk snorkeling juga tersedia di sekitar pantai Sanur, tetapi taman lautnya tidak luas.

    seawalker-sanur

    Sea Walker Sanur Bali

  4. Spot Diving Nusa Lembongan. Inilah surga tempat penyelaman bagi yang profesional maupun wisatawan yang ingin melakukan snorkeling. Anda butuh sertifikat khusus jika ingin mengeksplorasi keindahan bawah laut di sekitar Nusa Lembongan Bali. Spot yang paling terkenal di kawasan ini adalah Blue corner, Lembongan Bay dan mangroves. Jangan heran anda akan menemukan lebih banyak penyelam warga negara asing yang menikmati alam underwater Lembongan Bali Timur, terkait kepemilikan scuba diving license. Salah satu atraksi yang paling menarik di sini adalah berenang bersama ikan pari Manta dan mola mola yang jinak serta terumbu karang dan koral yang indah. Bagi yang suka snorkeling, wilayah Blue lagoon yang berbatasan dengan Nusa Penida juga direkomendasikan.

    tempat menyelam di lembongan bali

    Menyelam Melihat Manta di Lembongan

  5. Spot Nusa Penida & Ceningan. Masih di sekitar Bali Timur, terdapat pulau yang terkenal sebagai tempat menyelam yang eksotis bernama Nusa penida. Jika anda ingin melihat Manta dan Mola-Mola dalam kumpulan yang banyak dan terumbu karang dan coral cantik, maka diving spot di Nusa Penida dan Nusa Ceningan adalah habitat-nya. Penyelaman di kawasan ini juga membutuhkan sertifikat penyelam profesional. Kedalaman taman bawah laut yang dapat anda eksplorasi berada di sekitar 5-25 meter di bawah laut. Lokasi terbaik bagi anda adalah Manta Cove, Manta point, Batu Abah, Malibu Point, Crystal bay, Gamat Bay, Ceningan wall, SD, Pura Ped, Pura Mas Gading dan Bunyuk. Cukup banyak titik penyelaman terkenal di sini.

    diving nusa penida

    Mola-mola Nusa Penida

  6. Snorkeling & Diving Menjangan. Tempat penyelaman dan kegiatan snorkling terkenal lainnya adalah di pulau Menjangan yang masuk sebagai kawasan Taman Nasional Bali Barat. Lokasinya di sebelah barat pulau ini yang berbatasan dengan wilayah utara. Kami menyarankan untuk menginap di sini, apalagi tersedia sebuah resort super nyaman bagi para wisatawan. Keindahan alam bawah laut maupun taman koral dan terumbu di sekitar pulau Menjangan, Prapat Agung, teluk Terima, Bakungan dan Klatakan jangan anda lewatkan.

    spot snorkeling bali

    Koral Cantik Pulau Menjangan

  7. Pemuteran. Spot diving ini berada di wilayah Bali utara. Tempat menyelam yang berjarak sekitar 40KM dari lokasi pantai Lovina ini atau sekitar satu jam perjalanan dengan mobil. Di Pemuteran ini banyak ditemukan lion fish, lobster dan table corals. Bahkan untuk melihat itu semua, cukup dengan berenang dan snorkeling di pinggir pantai yang jernih. Nama tempat menyelam ini sempat surut karena koral yang rusak diserbu parasit perusak. Tetapi kini penyelematan telah dilakukan.

    menyelam di bali utara

    Menyelam di Pemuteran

  8. Pantai Amed Karangasem. Sekali lagi wilayah Bali Timur yaitu di Karangasem menyumbang tempat penyelaman yang indah di pantai Amed. Di bawah laut kawasan ini juga terdapat bangkai kapal milik Jepang yang karam. Sedangkan jika anda ingin melihat koral indah dengan snorkeling, anda dapat mengunjungi Tanjung Vienna, Jemeluk dan Buntutan. Pada saat ombak tenang, jarak pandang di bawah laut Amed mencapai lebih dari 10 meter. Ini menunjukkan bahwa di lokasi ini airnya sangat jernih. Penyelam pasti menyukainya.

    menyelam di pantai amed bali

    Amed Diving Spot

Demikianlah informasi tempat wisata air dengan mengekplorasi keindahan taman laut di Bali. Kegiatan snorkeling dan menyelam adalah hal paling tepat jika anda ingin melihat lokasi surga alam bawah laut yang tersebar di seluruh wilayah di pulau indah ini.

[schema type=”review” url=”https://www.wisatania.com/tempat-menyelam-dan-snorkeling-favorite-di-bali” name=”8 Tempat Menyelam dan Snorkeling Favorite di Bali” description=”Lokasi yang menjadi tempat menyelam dan snorkeling terkenal di Bali, baik yang dapat digunakan untuk pemula (amatir) maupun profesional pemegang sertifikat” rev_name=”tempat menyelam di bali” rev_body=”Pantai Tanjung Benoa, Pantai Tulamben, Pantai Sanur, Nusa Lembongan, Nusa Penida & Ceningan, Menjangan, Pemuteran, Pantai Amed” author=”Nelson Sitompul” pubdate=”2015-10-03″ user_review=”5″ min_review=”0″ max_review=”5″ ]


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege