Tempat Wisata Menarik di Berastagi Sumatera Utara

  • 0
wisata alam di berastagi

Tempat Wisata Menarik di Berastagi Sumatera Utara

Category : Sumatera

Kawasan Berastagi yang sejuk dan menarik ini tumbuh sebagai salah satu tempat wisata populer di Sumatera utara. Lokasinya yang mudah dijangkau menjadikan obyek yang ada di dalamnya menjadi pilihan yang sering masuk dalam agenda paket destinasi liburan yang disusun oleh travel agent. Dataran tinggi dengan udara yang sejuk, alam yang menawan, dan hasil pertanian yang mengagumkan ini berada di tanah Karo yang dikenal sangat subur. Jika anda suka dengan sirup buah Markisa, coba cek nama wilayah penghasilnya, biasanya tertera nama Berastagi sebagai wilayah asal buah tersebut. Betul, bukan? Nah Apa saja obyek yang direkomendasikan di wilayah yang dapat anda kunjungi sebagai destinasi, saat anda berwisata dengan keluarga di Sumatera utara ini? Silakan temukan informasinya di bawah ini.

Akses Menuju Lokasi

Mengunjungi wilayah Berastagi cukup mudah dilakukan jika anda berangkat dari kota Medan. Dengan jarak tempuh sekitar 70 Kilometer, dalam waktu kurang dari dua jam sudah tiba di tempat wisata ini. Perjalanan anda akan disuguhi pemandangan elok dan menanjak. Hutan di kanan kiri jalan bahkan danau dikejauhan adalah pemandangan utama yang ditemukan selama perjalanan darat yang anda lakukan. Jika anda pernah berkunjung ke obyek menarik di wilayah Batu Malang, maka suasana seperti itulah yang ditemukan di Berastagi Sumatera utara.


Obyek Menarik

Adapun tempat wisata yang populer di wilayah Berastagi di Sumatera utara ini adalah:

  1. Bukit Gundaling. Bukit ini banyak ditumbuhi oleh Pohon-pohon Pinus dan terlihat sangat indah bila dipandang dari kota. Apalagi ketika berada di puncaknya, sudah pasti pemandangan indah serta udara yang segar langsung menjadi suguhan pertama bagi pengunjung. Wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi untuk liburan di Berastagi ini, sebaiknya waspada ketika melintasi perbukitan menuju Gundaling. Jalanan yang penuh dengan tanjakan dan cenderung sempit serta jurang yang terjal akan kita jumpai. Namun pesona keindahan pemandangan alam sudah langsung terlihat di sepanjang perjalanan menuju puncak bukit Gundaling di Sumatera Utara. Biasanya pengunjung datang ke sini untuk berkeliling dengan menunggang kuda, membeli buah-buahan (Markisa yang sangat terkenal) serta berfoto dengan latar belakang hutan pinus yang harum. Tempat lain di Indonesia yang dapat disejajarkan adalah wilayah Bedugul di Bali yang juga tersusun atas pegunungan yang indah dan terkenal dengan buah Markisa.

    bukit gundaling

    Bukit Gundaling

  2. Gunung Sibayak. Bagi pengunjung yang hobi mendaki gunung dan memiliki sifat romantis, biasanya menyempatkan diri bersama pasangan untuk berwisata ke gunung Sibayak di Berastagi. Tempat dengan ketinggian 2212 meter ini merupakan bagian dari bukit Barisan yang sangat terkenal di pulau Sumatera. Dari puncaknya, pemandangan yang tersedia sangat menawan. Masyarakat batak Karo sering menyebut gunung ini dengan sebutan “gunung Raja”. Sibayak berarti “raja” dalam bahasa Karo. Jika anda berkesempatan mendaki di malam hari, maka lampu-lampu kota Medan terlihat berkilauan dari puncaknya. Keindahan romantis ini berlanjut di pagi hari kala matahari terbit dan mengintip di balik gunung.

    gunung sibayak

    Gunung Sibayak

  3. Pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk. Objek wisata yang terletak di kaki gunung Sibayak ini berjarak sekitar 10 km dari Berastagi, atau sekitar 58 km ke arah selatan ibukota Sumatera utara. Lokasinya terletak di desa Doulu, kecamatan Kabanjahe, kabupaten tanah Karo, di ketinggian sekitar 2.100 km dari permukaan laut. Sumber air panas di kawasan ini muncul dari retakan yang terbentuk akibat aliran lava di daerah selatan lereng gunung api Sibayak. Banyak orang mempercayai bahwa kandungan belerang di dalam pemandian air panas dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit. Bahkan banyak telah merasakan khasiat setelah berendam di pemandian air panas Lau Sidebuk-debuk ini dan kemudian bebas dari penyakit kulit yang sulit disembuhkan.

    Pemandian air panas di medan

    Lau Sidebuk-debuk

  4. Taman Alam Lumbini. Taman ini memiliki Pagoda tertinggi dan terindah di Indonesia. Letaknya di atas bukit di daerah Brastagi yaitu di desa Tongkoh. Kemegahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terpancar karena cat berwarna emas cerah yang menyelimuti seluruh bangunan. Pagoda ini merupakan replika dari Shwedagon yang ada di Burma (Myanmar). Selain bangunan Pagoda yang megah, komplek seluas 3 hektar ini juga terhampar taman luas yang sangat indah dengan mengikuti kontur alam. Biasanya, wisatawan yang hobi fotografi akan datang di pagi hari agar mendapatkan angle yang indah dengan kilauan emas dan latar belakang langit biru yang menawan.

    Taman Alam Lumbini

    Lumbini

  5. Air Terjun Sikulikap. Air terjun ini mempunyai ketinggian 30 meter dan dikelilingi hutan hujan tropis tempat monyet atau kera bergantungan. Jarak dari Kota Berastagi ke objek wisata ini 11 km dan paling lama hanya 20 menit dari pusat kota. jika ingin mencari lokasi tepatnya, silakan tanya wilayah Penatapan. Yaitu tempat memandang keindahan alam yang terkenal di Sumatera utara ini. Nah letak air terjun Sikulikap berada di bawahnya. Setelah menemukan gerbang pintu masuk, anda akan disambut hutan lebat pinus yang harum. Tidak jarang juga akan menemukan monyet-monyet liar bergelantungan. Setelah berjalan 30 menit, maka anda akan berhadapan dengan air terjun yang berdinding batu cadas yang sangat kokoh. Kondisinya mirip air terjun terkenal di Palembang, yaitu Curup Maung tetapi curahan airnya tidak selebar Curup Maung tersebut.

    Air Terjun Sikulikap

    Sikulikap

  6. Rumah Adat Lingga. Salah satu wilayah di kabupaten Karo, Sumatera utara ini berjarak sekitar 5 km dari Kabanjahe atau sekitar 15 km dari Berastagi. Desa ini berada di datarang tinggi sekitar 1.200 m dari permukaan laut, tak jauh dari kaki Gunung Sinabung, salah satu puncak tertinggi di wilayah Sumatera Utara. Desa Lingga menjadi unik dan pantas untuk dikunjungi oleh wisatawan, baik turis lokal maupun turis asing, karena keberadaan rumah adat Batak Karo yang bernama Siwaluh Jabu. Rumah adat ini berusia sekitar 250 tahun, atau bisa dikatakan memiliki umur yang sama dengan umur desa Lingga. Keunikan dan kokohnya rumah dengan ornamen seni yang menarik merupakan daya tarik tempat wisata ini.

    Rumah Adat Lingga

    Rumah Adat Lingga

  7. Danau Lau Kawar. Merupakan sebuah danau yang termasuk dalam tempat wisata alam nan romantis di Berastagi yang menarik dan termasuk dalam salah satu kawasan ekosistem yang dilidungi oleh pemerintah Sumatera utara. Lokasinya berada di desa Kuta Gugung, Simpang Empat, Kabupaten karo. Pamandangan alam yang asri dan bersih bisa kita dapatkan dan nikmati di danau tersebut. Bagi anda yang menyukai kegiatan hiking dan berkemah di alam terbuka, dapat menjadikan tempat ini menjadi salah satu tujuan untuk melakukan kegiatan tersebut. Danau Lau Kawar merupakan salah satu pintu masuk untuk menuju puncak Gunung Sinabung yang menjadi sangat sepi tatkala terjadi erupsi di gunung tersebut. danau ini memiliki luas seperti Situ Cipondoh yang merupakan salah satu tempat wisata terkenal di kota Tangerang, dengan kegiatan wisatawan yang sama yaitu memancing sambil menikmati keindahan alam sekitar.

    wisata alam di berastagi

    Danau Lau Kawar

Demikianlah informasi tempat populer yang ada di kawasan Berastagi yang menjadi destinasi wisatawan saat berkunjung ke Sumatera Utara. Jika anda membutuhkan panduan peta, kami menyediakan untuk anda di bawah ini agar liburan anda lebih efektif dan tidak tersesat di wilayah ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege