Surga Terabaikan di Gili Meno Lombok

  • 1
gili meno lombok

Surga Terabaikan di Gili Meno Lombok

Tags :

Category : Nusa Tenggara

Salah satu pulau kecil yang menyimpan kedasyatan pemandangan alam di bagian barat Lombok adalah yang disebut sebagai surga kecil Gili Meno. Tempat yang mungkin sedikit terabaikan oleh wisatawan ini karena lebih terkenal dua pulau yang mengapitnya yaitu Gili Trawangan, yang paling ramai dan memiliki banyak hotel dan wilayahnya paling besar dari ketiganya, serta Gili Air yang banyak disukai adanya kapal penyeberangan yang cukup sering. Padahal jika wisatawan mengunjungi ketiganya, barulah menyadari bahwa yang terkecil yaitu Gili Meno adalah pulau sunyi yang paling indah dan eksotis.

Jika anda berjalan kaki menyusuri pantai pasir putih di Gili Meno maka dalam waktu satu setengah jam, anda sudah kembali lagi ke titik start awal. Artinya, pulau ini memang sangat kecil. Dan mengapa kami menyebutnya sebagai surga? Karena ditempat ini tingkat polusinya paling kecil. Udara segar yang menerpa di tempat ini disebabkan mobil dan motor tidak tersedia. Transportasi yang dapat digunakan hanyalah Cidomo, yaitu delman yang ditarik kuda. Bahkan ditempat ini belum tersedia jalur listrik hingga tahun lalu saat kami berkunjung ke sana. Masyarakat Meno mengandalkan penerangan obor di rumahnya. Memang ada beberapa rumah yang memiliki genset, tetapi jumlahnya bisa dihitung dengan jari dan karena Bahan Bakar cukup sulit, maka genset ini hanya sesekali saja digunakan.


gili meno lombokJika anda tertarik mengeksplorasi keindahan Gili Meno Lombok, maka salah satu atraksi yang disukai adalah berenang (diving) dengan sesekali bertemu penyu hijau. Di tempat ini terdapat penangkaran penyu hijau yang sudah mulai langka. Saat anda berenang-renang menikmati keindahan terumbu karang, maka sesekali anda akan melihat penyu yang melintas. Keren, bukan? Dan anda dapat berkunjung ke sini melalui Bangsal yang berjarak sekitar satu jam dari pantai Sengigi. Tetapi banyak kapal yang hanya mau berangkat jika memenuhi kuota jumlah penumpang tertentu.

Seperti yang kami jelaskan di atas, Gili yang tidak berpolusi ini belum ditemukan resort atau hotel mewah. Kalaupun ada, hanyalah guess house yang dapat ditawar tarifnya. Tidak ada ATM maupun Bank, apalagi Mall mewah seperti di kota besar. Segala hal yang terjadi di sini bersifat tradisional dan anda harus mampu menyesuaikan diri dengan kondisi sekitar. Dengan situasi seperti ini, jangan bayangkan kalau tempat ini buruk, karena anda akan tertipu. Masyarakat di Gili Meno Lombok sangat paham bagian dari wilayahnya yang eksotis sehingga mereka menjaganya agar tetap indah bagaikan surga, sehingga anda tergoda untuk mengunjungi.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege