Romantika Wisata di Situ Patenggang Ciwidey Bandung

  • 0
situ patenggang bandung

Romantika Wisata di Situ Patenggang Ciwidey Bandung

Berkunjung ke ibukota Jawa Barat tidak lengkap rasanya jika tidak melihat keindahan tempat wisata di Situ Patenggang di Ciwidey Bandung selatan. Kedamaian alam yang tercipta di danau romantis tersebut menambah suasana hati menjadi tentram bagi para pengunjung. Situ (bahasa Sunda dari danau) ini memiliki kondisi alam yang bagaikan lukisan. Apakah yang terbayang dalam benak anda, jikalau melihat sebuah danau di tengah kebun teh yang hijau di pegunungan yang sejuk? Kedamaian? Syahdu? Romantis? It’s real. Terjadi di situ Patenggang Ciwidey yang merupakan bagian dari tempat tujuan wisata di Bandung.

Berkunjung ke Situ Patenggang, lokasinya sangat mudah dicapai. Danau ini sangat dekat dengan obyek wisata kawah putih dengan jarak sekitar 7 kilometer saja atau waktu tempuh 10 menit. Jika anda datang dari pusat kota Bandung, maka jaraknya sekitar 35 kilometer dan perjalanan menempuh waktu 1 jam. Anda dapat melalui rute Kopo, Soreang, Ciwidey dan akhirnya sampai di Situ Patenggang. Jika anda ke sini, disarankan pagi hari dari pusat kota Bandung, lalu mengunjungi Kawah putih. Setelah itu barulah menuju danau. Jika sudah puas mengeksplorasi keindahan alam di kebun teh ini, barulah anda dapat melanjutkan perjalanan untuk berbelanja di Bandung.


situ patenggang bandung

Situ Patenggang

Adapun Situ Patenggang yang indah ini memiliki pulau di tengahnya yang disebut pulau Asmara. Dan selain itu, di danau ini juga terdapat batu Cinta yang besar, yang sering dikunjungi pasangan muda dan mereka mengucapkan janji cinta di depan batu besar tersebut. Mengapa mereka melakukan hal tersebut? Hal ini disebabkan legenda romantik yang beredar tentang Situ Patenggang Bandung. Konon danau ini tercipta akibat permintaan Dewi Rengganis kepada ki Santang yang dicintainya. Kedua sejoli ini sempat terpisahkan karena perang bubat yang terjadi antara kerajaan Majapahit dan Pajajaran. Keduanya kemudian saling mencari (pateang-teangan dalam bahasa sunda) dan bertemulah di batu besar (batu Cinta). Lalu Dewi Rengganis meminta dibuatkan kapal (yang akhirnya berubah menjadi sebuah pulau berbentuk hati) dan sebuah danau (situ Patenggang) sebagai bukti keteguhan cinta. Karena cerita rakyat inilah, maka tersebar mitos bahwa bagi pasangan yang mengucapkan janji setia di depan batu Cinta lalu berkeliling dengan sampan mengitari pulau Asmara yang berbentuk hati di tengah danau, maka cinta mereka akan abadi dan langgeng. Tapi kami ingatkan bahwa ini hanya mitos saja. Namun, jika anda ingin pernikahan yang berkesan dan lain dari kebiasaan, mengapa tidak dilakukan di tempat ini? Jadi ritualnya mengikuti kisah legenda danau romantis ini. Unik, bukan?

Jika anda tertarik mengunjungi obyek wisata menarik Situ Patenggang yang menjadi andalan pariwisata wilayah Ciwidey di Bandung Selatan, silakan ikuti panduan perjalanan melalui peta yang kami sediakan di bawah ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege