Pura Uluwatu dan Tari Kecak Yang Eksotis

  • 1
pura uluwatu bali

Pura Uluwatu dan Tari Kecak Yang Eksotis

Keberadaan pura Uluwatu di Bali Selatan tidak lepas dengan pertunjukan tari Kecak yang mempesona kala senja. Bahkan sunset yang indah di tebing pantai ini merupakan latar belakang pertunjukan yang tidak ada duanya. jika anda pernah menonton tarian kecak di wilayah Ubud, maka sebaiknya anda juga melihat tarian serupa di pura Uluwatu. Perbedaan setting buatan yang modern dengan setting alam yang mempesona akan memberikan pengalaman yang berbeda yang tidak terlupakan.

Pura Uluwatu dibangun pada jaman Empu Kuturan mendirikan pura Agung Besakih sekitar abad 11 dan dikisahkan Danghyang Nirartha mencapai Alam Moksa di lokasi ini setelah melakukan perjalanan suci (Tirta yatra) keliling Bali, Lombok dan Sumbawa. Struktur Bangunan Pura Uluwatu sama seperti layaknya Pura yang ada di Bali yaitu Tri Mandala terbagi atas 3 halaman, yaitu halaman luar, halaman tengah dan halaman dalam (purian). Pura ini merupakan salah satu Kahyangan Jagat di Bali, tergolong kedalam Sad Kahyangan dan sebagai tempat suci untuk memuja Sang Hyang Widhi Wasa dalam prabhawaNYA sebagai Rudra dangan posisi Pura Menghadap ke Timur.


uluwatu bali

Pertunjukan Kecak di Uluwatu

Pura Uluwatu berdiri kokoh di batu karang yang menjorok ke tengah lautan dengan ketinggian kurang lebih 90 meter. Tebing berbatu di sekeliling pura memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dan sangat memanjakan mata para wisatawan yang mengunjunginya. Selain itu laut dibawahnya juga tidak kalah menariknya untuk mecuri perhatian para peselancar dunia untuk sekedar menikmati ombak-ombak yang tercipta di sebelah kanannya. Lokasi Pura Uluwatu terletak di desa Pecatu kecamatan Kuta kabupaten Badung. Hanya dibutuhkan waktu 20 menit perjalanan dari pantai Kuta, 15 menit dari arah Nusa Dua, 35 menit dari pantai Sanur dan sekitar 60 menit dari Ubud.

Keunikan dari Pura Uluwatu adalah berupa bangunan kuno berbentuk gapura yang bersayap. Dari corak dan pola hiasannya gapura memiliki persamaan dengan gapura di pura dalem Sakenan dengan relief ukiran burung yang indah. Gapura di bagian dalam Pura Uluwatu berbentuk candi kurung tanpa daun pintu dengan hiasan berupa kepala Kala dengan berbagai ragam. Di atas kepala Kala yang besar dekat puncak gapura kedua terdapat hiasan menyerupai tempat amertha, di depan bagian kiri dan kanan terdapat patung berkepala gajah. Pengempon Pura ini adalah Puri Jero Kuta dan puri Celagi Gendong Badung dan dalam kegiatan upacara dibantu oleh masyarakat Pecatu.

Jika anda berkunjung ke tempat yang indah ini, sebaiknya di sore hari. Setelah puas di siang hari berjalan-jalan di Taman Garuda Wisnu Kencana barulah anda datang ke Pura Uluwatu Bali ini. Karena sebagian besar wisatawan datang ke sini menjelang sunset dan ingin menikmati tarian Kecak dengan latar belakang lukisan alam senja yang eksotis ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege