Pemandian Air Panas Toya Bungkah di Kintamani

  • 0
toya bungkah kintamani

Pemandian Air Panas Toya Bungkah di Kintamani

Toya Bungkah adalah pemandian air panas yang merupakan salah satu obyek wisata yang cukup populer di Kintamani, tepatnya di tepi danau Batur. Cukup banyak turis asing yang menyukai hot spring tour ini. Apalagi, “sauna alam” ini selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, juga memiliki pemandangan menakjubkan. Kolam berendam yang tersedia langsung berbatasan dengan danau Batur yang eksotis. Sebagai salah satu tempat wisata unik di Bali, seharusnya anda menyempatkan diri berendam di pemandian air panas Toya Bungkah ini saat mengunjungi Kintamani.

Akses Lokasi

toya bungkah kintamani

Toya Bungkah

Kawasan pemandian Toya Bungkah ini cukup mudah diakses oleh wisatawan. Ada yang menjadikannya sebagai tujuan setelah menikmati santap siang di kawasan Kintamani Bali. Atau jika anda berangkat lansung dari area Kuta, maka silakan arahkan kendaraan langsung ke danau Batur. Natural hot spring yang bernama Toya Bungkah ini berjarak sekitar 90 kilometer. Akses jalan menuju obyek wisata ini cukup bagus walaupun berkelok khas wilayah pegunungan. Saran terbaik bagi anda yang ingin mengunjungi pemandian air panas ini adalah mengunjunginya setelah makan di Kintamani, lalu berendam di sini dan setelah ini perjalanan dilanjutkanuntuk melihat lumba-lumba di pantai Lovina Bali utara. Tentu saja anda harus menginap satu malam di pantai tersebut karena lumba-lumba baru terlihat di pagi hari. Lalu sebelum kembali ke wilayah selatan, silakan singgah ke air terjun gigit. Perjalanan yang sistematis ini sangat efektif bagi anda yang ingin mengeksplorasi seluruh wilayah Bali dengan waktu yang cukup singkat.


Sejarah Toya Bungkah

pemandian air panas di bali

Salah Satu Kolam Air Panas

Sejarahnya, kawasan ini mulai dikembangkan sebagai tempat berendam air panas alami sejak tahun 2009 – 2010. Bahkan kini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan kolam khusus di desa Pakraman, sebelah barat danau Batur. Obyek Toya Bungkah Kintamani ini memiliki arti yang cukup unik. Toya berarti Air sedangkan sedangkan Bungkah berarti bebatuan. Sesuai dengan namanya berarti air yang mengalir di sela-sela bebatuan. Pemandian ini dikelola oleh pihak swasta dengan tarif masuk yang bervariasi. Dari harga Rp.50,000 hingga Rp.200,000 per orang. Dengan tarif tersebut, selain bisa bersauna di air panas alami, juga mendapatkan handuk untuk bilas, shampo dan sabun serta juice wortel (tergantung provider). Seiring berkembangnya waktu, pemandian air panas Toya Bungkah semakin dikombinasikan dengan paket menginap oleh hotel-hotel besar di wilayah ini maupun di wilayah Kintamani. Tempat lain yang suasananya mirip dengan kawasan ini adalah pemandian di Ciater (sari Ater) yang merupakan tempat wisata di Lembang dan dikelola secara modern oleh hotel setempat.

Manfaat Berendam Air panas Alami

mengingat pemandian Toya Bungkah di kawasan Batur Kintamani ini mengandung kadar belerang dan mineral yang tinggi, maka memiliki manfaat bagi wisatawan diantaranya:

  1. mengeluarkan racun. Saat berendam di air panas dengan suhu 30-45 derajat, dengan waktu maksimal 30 menit, maka pori-pori kulit akan terbuka sehingga racun terlepas dan bahkan menjadi inactive setelah bersenyawa dengan mineral dan sulfur.
  2. menghilangkan kepenatan, pegal-pegal dan memperlancar peredaran darah. Inilah alasan kolam Toya Bungkah lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Setelah lelah berselancar di pantai utama Bali, maka pilihan berendam di tempat ini adalah alternatif terbaik untuk mengendurkan syaraf yang tegang.
  3. Mengobati beberapa penyakit kulit, seperti jerawat, eksim dan jamur. Selain itu sakit kepala dan stressing tinggi dapat diredakan dengan berendam di air panas.
  4. Beberapa kasus insomnia (sulit tidur) dapat disembuhkan dengan berendam air panas.
  5. Khusus obyek wisata di kawasan danau Batur di Kintamani ini, karena memiliki pemandangan yang sangat indah, acara berendam dengan pasangan secara private adalah pengalaman romantis yang tidak terlupakan.

Demikianlah ulasan tentang obyek pemandian air panas Toya Bungkah yang belakangan ini menjadi sangat populer karena telah dikembangkan secara modern oleh hotel-hotel di sekitarnya.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege