Pekan Raya Jakarta 2015 (PRJ) Wisata Tahunan

  • 1
pekan raya jakarta

Pekan Raya Jakarta 2015 (PRJ) Wisata Tahunan

Setiap Tahun ibukota Indonesia mengadakan perhelatan akbar Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau dulunya bernama Jakarta Fair yang biasanya diadakan bertepatan dengan hari ulang tahun kota ini. Ajang yang diadakan ini berupa pameran besar lebih dari sebulan yang menempati area Kemayoran. Acara PRJ dikemas sangat menarik dan sudah beberapa tahun terakhir mencuat sebagai agenda wisata di kota Jakarta yang mampu menyedot jutaan pengunjung. Di tahun ini, perhelatan Pekan Raya ini dilakukan pada tanggal 29 Mei hingga 5 juli 2015. Anda tertarik mengunjunginya?

Akses Menuju Lokasi

Ada banyak jalan yang dapat anda gunakan jika ingin berwisata ke Jakarta Fair. Pekan Raya ini menempati wilayah yang cukup luas dengan akses pintu masuk dan jalan menuju lokasi yang cukup banyak. Berikut penjelasannya untuk anda:


  1. Jika anda dari arah Utara yaitu kawasan Ancol, maka di pintu paling timur silakan arahkan mobil ke jalan Benyamin Sueb dan arena PRJ ada di sebelah kanan jalan, sekitar 2 KM dari ancol.
  2. Jika anda berasal dari wilayah danau Sunter jakarta, maka setelah melewati Rumah Sakit Mitra Kemayoran, arahkan kendaraan anda lurus hingga menemui perempatan MGK, dan belok kanan. Lokasi Pameran ada di kiri jalan.
  3. Dari jalan Gunung Sahari, maka silakan cari perempatan jalan Industri dan masuk ke jalan tersebut. Silakan lanjutkan perjalanan hingga jalan Benyamin Sueb dan belok kiri ke jalan tersebut.
  4. Dari arah Monas, silakan cari lokasi gereja Katedral dan masuk ke jalan Gunung Sahari. Setelah itu cari perempatan jalan Angkasa. Lurus terus hingga ke MGK dan belok kiri. Lokasi PRJ ada di sebelah kiri.

Kegiatan Pengunjung

Di arena Pekan Raya Jakarta, pengunjung dapat melakukan banyak hal yang terkait dengan wisata. Diantaranya:

  • Melihat Pameran. Sebagai perhelatan terbesar di Indonesia, rasanya semua produk dapat ditemukan di lokasi PRJ ini. Mulai dari perbankan, peralatan rumah tangga, elektronik, teknologi, peralatan olahraga dan hobi, serta otomotif. Untuk pameran otomotif biasanya diserbu karena pengunjung ingin melihat teknologi mobil dan motor keluaran terbaru. Jadi jelas beda konsepnya dengan museum Angkut di Malang yang malah menampilkan koleksi mobil tua (kuno). Wisata belanja yang dilakukan di Jakarta Fair ini bukan berarti berupa barang murah. Rentan harga yang ditemukan mulai dari yang termurah hingga yang termahal. Khusus di tahun ini, ada pameran Batu Akik yang menampilkan batu-batu indah dengan harga puluhan  ribu hingga 10 milyar yang merupakan koleksi akik termahal.

    pekan raya jakarta

    Sumber: Oto.Detik.com

  • Menonton Pertunjukan Musik. Setiap hari, pengelola Pekan raya Jakarta menampilkan panggung musik dengan bintang tamu artis ibukota. Mulai dari genre Rock, dangdut, Pop hingga Jazz ditampilkan di panggung terbuka yang lokasinya di belakang. Biasanya pada saat akhir pekan (malam minggu) group band papan atas Indonesia tampil dan mampu menyedot ribuan pengunjung.

    panggung live musik prj

    Konser Artis

  • Berkeliling Dengan Kereta. Bagi anda yang ingin mengelilingi area PRJ dengan santai bersama anak-anak dan keluarga, silakan coba kereta mini yang disediakan oleh pengelola. Ada beberapa kereta yang tersedia yang dapat anda gunakan setelah memasuki pintu utama.

    keliling prj dengan kereta

    Keliling Arena PRJ

  • Menikmati Kuliner. Jika anda ingin berwisata kuliner yang lezat, ada beberapa tempat yang tersedia bagi pengunjung. Makanan umum tersedia di samping Hall A, Hall B, di belakang panggung Musik dan disamping Hall C dan D. Di sepanjang koridor juga mudah ditemukan penjual makanan yaitu berupa stand yang dijaga oleh SPG yang cantik. Sebelum meninggalkan lokasi Pekan Raya ini, disarankan mencicipi kuliner khas Jakarta yaitu “Kerak Telor” yang dijual di sekitar pintu keluar area.

    area resto di prj

    Kuliner di PRJ

  • Taman Bermain. Jika anda ingin menikmati suasana pasar malam tempo dulu, di sisi kiri PRJ tepatnya di belakang hall B ada arena bermain layaknya pasar malam. Yang paling ramai dikunjungi adalah arena “Rumah Hantu” dan atraksi “Tong Setan”. Memang, kebanyakan adalah anak muda yang menikmati wisata ini karena biasanya anak kecil takut mengunjunginya.

    arena bermain

    Rumah Hantu

Cukup seru, bukan? Dan untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan tentang perhelatan Pekan Raya Jakarta ini, maka wisatania ingin memberikan saran yang berguna diantaranya:

  • Jika anda datang di akhir pekan atau malam hari libur, pastikan datang sejak awal dibuka. Jika anda terlambat biasanya kesulitan mencari tempat parkir.
  • Perhatikan lokasi parkir anda di PRJ ini dan catat ruas petunjuknya. Karena sering terjadi pengunjung yang kebingungan mencari lokasi parkir kendaraan saat pulang.
  • Hindari membawa barang-barang berharga. Arena Pekan Raya ini dijaga ratusan petugas keamanan, tetapi beberapa kali terdengar berita kehilangan barang berharga. Bisa terselip, jatuh, tertinggal maupun dicuri.
  • Pastikan anda cukup waspada terhadap pengeluaran. barang-barang yang ditawarkan di tempat ini sangat menarik untuk dibeli, sehingga jika anda tidak kontrol ketat pengeluaran, bisa saja menyesal saat pulang.
  • Biasanya menjelang penutupan (minggu terakhir) ada saja penjual yang memberikan diskon besar-besaran. Memang tujuannya untuk menghabiskan stok. Anda perlu mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang barang-barang yang sering memberikan diskon besar-besaran di akhir periode pameran.

Demikianlah informasi tentang kegiatan tahunan Pekan Raya di kota Jakarta yang sangat tepat dijadikan lokasi wisata di akhir pekan bersama keluarga maupun sahabat. Jika anda berkesempatan mengunjungi ibukota di bulan juni hingga juli, maka sediakan waktu untuk mengunjungi tempat ini, Karena perhelatan akbar ini hanya terjadi setahun sekali.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege