Ganasnya Pantai Bangko-bangko (Desert Point) di Lombok

  • 1
desert point beach bangko

Ganasnya Pantai Bangko-bangko (Desert Point) di Lombok

Salah satu organisasi resmi olahraga selancar tingkat dunia menetapkan bahwa keganasan ombak di pantai Bangko-bangko di Lombok yang dikenal juga sebagai Desert Point Beach, layak masuk 10 besar yang terbaik. Tipe ombak yang tidak mudah pecah hingga tepian, gulungannya yang dalam serta tingginya ombak menjadikan tempat ini sebagai yang terbaik nomer 6 di dunia. Bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang tidak suka surfing, mungkin tidak pernah mendengar nama tempat ini. Tetapi bagi kalangan peselancar profesional, mengunjungi pantai Bangko-bangko (desert point) di Lombok adalah impian yang harus diwujudkan.desert point beach bangko

Lokasi Pantai Bangko-bangko

Jika anda ingin mengunjungi obyek menarik di Lombok ini, maka anda harus melalui lokasi yang cukup sulit ditempuh karena medan yang berat. Perjalanan darat dari kota Mataram ditempuh sejauh 70 kilometer dengan waktu sekitar 2 jam. Letak Desert point ini berada di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Pantai Bangko Bangko berhadapan langsung dengan pulau Nusa Penida yang terlihat samar di garis pantai. Tidak heran jika banyak wisatawan yang menggunakan jalur laut dari Bali untuk mengunjungi pantai ini. Biasanya, kalangan profesional surfer cukup bosan dengan tempat surfing populer di kuta, dreamland beach maupun pantai Madewi di Bali Barat. Makanya, mereka ingin menjangkau yang terbaik dan salah satunya adalah desert point ini. Saat ini, perjalanan laut dari pulau Dewata lebih mudah dan nyaman menuju tempat ini.


Kegiatan Wisatawan

Adapun kegiatan wisata yang dapat anda lakukan saat mengunjungi pantai Bangko-bangko Lombok adalah:

  1. Berselancar

    surfing-BangkoSaat ini Desert Point beach bagi para surfer kelas dunia masih dianggap sebagai salah satu ombak terbaik di planet ini. Karena memiliki panjang dinding gelombang yang sangat berongga yang mampu melontarkan lidah gulungan ombak hingga 300 meter, dan ketinggian berkisar hingga tiga meter. Suatu pengalaman seru, menegangkan dan tentu saja kebanggaan bagi peselancar jika bisa menaklukkannya. Punggung dan tangan yang lecet berdarah akibat terhempas di karang oleh ombak ganas Bangko-bangko ini malah menjadi simbol keberanian tersendiri.

  2. Berjemur

    tempat nyaman di bangko-bangkoTeriknya matahari di bulan mei hingga oktober (saat yang tepat untuk berselancar juga), akan memberikan warna kulit yang merah kecoklatan bagi wisatawan yang hobi berjemur. Bagi bule yang datang berpasangan, biasanya kegiatan sang wanita adalah berjemur di pantai Bangko-bangko Lombok barat ini, sambil mengagumi kehandalan kekasihnya yang sedang bertarung melawan ombak ganas desert point. Bagi yang kurang suka dengan cuaca panas (biasanya wisatawan domestik) maka hindari teriknya matahari di pantai yang indah ini. Karena terasa menyengat pada bulan-bulan tersebut.

  3. Memancing

    memancing di desert point beachBagi kalangan yang suka memancing ikan di tengah laut, ada banyak spot pemancingan yang dapat anda tuju di kawasan pantai ini. Anda dapat menyewa kapal di Ampenan, lalu berlayar menuju pantai Bangko-bangko di wilayah barat Lombok. Saat team wisatania berlayar ke sini, setidaknya ada 5 titik yang direkomendasikan oleh nelayan setempat. Setelah puas semalaman memancing, keesokan paginya barulah berlabuh untuk menikmati keindahan pantai Desert Point Lombok ini. Jika semalaman tidak mendapatkan ikan, anda juga bisa mengunjungi perkampungan nelayan yang sering menjual hasil tangkapan mereka secara lelang.

  4. Menjelajah alam

    jelajah alam di hutan mangroveBagi yang pecinta alam, hutan bertipe Magrove seluas 2.169 hektare yang ada di sekitar pantai Bangko-bangko siap dijelajahi. Di tepi tebing hutan ini, Anda akan menjumpai sisa reruntuhan benteng penjajahan Jepang beserta meriamnya. Selain menjumpai peninggalan perang, hutan ini juga menyimpan vegetasi asli seperti Biduri dan Pandan Laut. Jika masuk ke dalam hutan, kita akan disuguhi spesies asli setempat yaitu ayam hutan, elang bendol, koakiau, raja udang, dan elang laut. Jika beruntung, Anda akan menjumpai kupu-kupu langka yang dilindungi yakni Trocles Helena.

  5. Berenang dan snorkeling

    pantai desert point yang jernihWalaupun Pantai Desert point ini dikenal karena ombak yang ganas, tetapi ada bagian yang cukup landai, ombak tenang dan berpasir putih lembut seperti di gili Meno Lombok. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang kurang menyukai keempat kegiatan di atas. Air laut yang jernih di pantai ini membuat anda dengan mudah melihat ikan-ikan kecil berlarian di sekeliling anda. Memang, jika anda mengajak anak kecil ke tempat ini, pastikan memilih lokasi yang tepat untuk berenang karena sebagian wilayah tertutup oleh karang yang tajam. Pengawasan anda sebagai orang tua, sangat mutlak dilakukan.

Jika anda berlibur ke pulau Lombok, pastikan untuk memasukkan obyek wisata bahari di pantai Bangko-bangko sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi. Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam, ganasnya ombak dan serunya memancing serta menjelajah hutan di kawasan ini.

Silakan gunakan peta di bawah ini untuk memudahkan perjalanan liburan anda di wilayah ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege