Museum Benteng Vredeburg Alih Fungsi Yang Tepat

  • 1
benteng di jogja

Museum Benteng Vredeburg Alih Fungsi Yang Tepat

Museum benteng Vredeburg yang berada di pusat kota Yogyakarta telah mengalami peralihan fungsi yang tepat untuk masa modern seperti sekarang ini. Jika di awal pembangunan, museum ini digunakan sebagai tempat kamuflase alih-alih ingin melindungi Keraton yang dibangun sultan HB 1, dan pada perkembangannya benteng Vredeburg ternyata sebagai tempat mengintai gerak-gerik sultan oleh penjajah. Mereka kuatir dengan perkembangan keraton Yogyakarta yang diyakini akan membesar dan menjadi kekuatan yang melawan penjajah. Bukti dari rencana busuk ini adalah dengan diletakkannya meriam di dalam benteng yang memiliki jangkauan untuk melumpuhkan pusat kerajaan Jogja tersebut. Tapi kini, tempat tersebut tidak berhasil menjalankan misi awal dan malah menjadi museum yang bersejarah dan menjadi bagian dari wisata Jogja yang cukup terkenal.Museum Benteng Vredeburg

Lokasi Benteng Vredeburg

Mungkin wisatawan tidak terlalu memperhatikan bahwa mereke baru saja melewati lokasi bersejarah ini jika ingin menuju pantai parangtritis. Museum benteng Vredeburg terletak di Ngupasan, Gondomanan, tepat di depan Gedung Agung. Jalan yang tidak terlalu lebar dengan kecepatan kendaraan sedang dan selalu ramai, menjadikan museum ini sering terlewatkan dari perhatian. Jika anda ingin mengetahui lokasi tepatnya, silakan ikuti peta di bawah ini.


Sejarah Berdirinya Benteng

Seperti yang kami sebutkan di atas, Benteng Vredeburg Yogyakarta dibangun terkait dengan kebesaran Kasultanan Yogyakarta. Perjanjian Giyanti 13 Februari 1755 yang berhasil menyelesaikan perseteruan antara Susuhunan Pakubuwono III dengan Pangeran Mangkubumi (Sultan HB I) adalah merupakan hasil politik kompeni yang selalu ingin ikut campur urusan dalam negeri raja Jawa. Melihat kemajuan keraton yang didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I, rasa kekhawatiran pihak penjajah mulai muncul. Mereka mengusulkan kepada sultan agar diijinkan membangun sebuah benteng yang bernama vredeburg di dekat keraton. Alasannya agar kompeni dapat menjaga keamanan kraton dan sekitarnya. namun tujuan yang sesungguhnya adalah untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam keraton. Karena alasannya dianggap masuk akal, maka pembangunan benteng tersebut dikabulkan pada tahun 1760 dan mulai dikerjakan.meriam di dalam museum vredeburg

Kondisi Museum Vredeburg

Sekarang, kita dapat menikmati peninggalan bersejarah ini sebagai museum yang sangat berharga. Bahkan namanya diubah sejak 23 november 1992 melalui SK Mendikbud dengan nama Museum Benteng Yogyakarta. Bangunan ini bagaikan benteng pada umumnya yang dikelilingi tembok tinggi tertutup rapat. Membuat siapa saja yang tidak dikehendaki tidak akan pernah bisa masuk. Dari keempat penjuru juga terdapat menara pantau yang berguna untuk melihat keadaan sekitar.

diorama museum vredeburgKondisi bagian dalam tempat ini yang memiliki sejarah mirip dengan Benteng Ujung Pandang (Fort Rotterdam) yang merupakan andalan wisata Makassar, cukup terawat dengan rapi. Ruangan yang ada di dalam museum benteng Vredeburg menyimpan ratusan diorama yang menggambarkan tentang perjuangan bangsa Indonesia hingga masa orde baru serta beberapa benda bersejarah, foto-foto dan lukisan perjuangan nasional. Bagi pengunjung yang ingin berkeliling dengan bersepeda dapat menyewa sepeda onthel seharga Rp. 5.000,-. Dan sentuhan modern yang ada di tempat ini adalah keberadaan hot spot area yang bisa diakses pengunjung dengan gratis. Benteng Vredeburg Yogyakarta juga memiliki ruang perpustakaan, ruang seminar, diskusi dan pelatihan serta pertemuan, Ruang belajar kelompok, ruang tamu, Mushola, dan pemandu. Museum Benteng Vredeburg dibuka untuk umum setiap hari selasa sampai dengan jum’at mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB sedangkan pada hari sabtu dan minggu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB, hari libur nasional tempat ini tetap buka sedangkan setiap hari senin tutup. Untuk tiket masuk per orang dikenai biaya sebesar Rp. 1.000,-. Anda tertarik mengunjungi tempat bersejarah yang kini memiliki fungsi yang tepat ini?


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege