Lokasi Wisata Kuliner Jogja Yang Menggugah Lidah

  • 1
kuliner jogja

Lokasi Wisata Kuliner Jogja Yang Menggugah Lidah

Bicara soal Yogyakarta, pasti tidak lepas dengan yang namanya wisata kuliner yang menggugah lidah untuk mengecap di Jogja. Tempat ini memiliki banyak lokasi penjual makanan lezat yang wajib kita sambangi. Dari makanan tradisional hingga olahan modern yang menjadi ciri khusus dan jarang dijual di tempat lain. Bisanya para pengunjung yang berlibur dan menikmati keindahan wisata Jogja, berusaha untuk mengunjungi pula lokasi kuliner yang terkenal di kota ini.

Adapun lokasi tempat menggoyang lidah yang dikenal lezat di Yogyakarta diantaranya:


  1. Warung Lesehan Malioboro
    kuliner malioboro jogja

    Lesehan Malioboro

    Jalan yang paling terkenal ini memiliki keunikan di malam hari yaitu keberadaan warung-warung lesehan sebagai kawasan kuliner yang layak untuk dicoba. Ada berbagai makanan tradisional yang dijual di tempat ini. Saking terkenalnya lokasi ini, banyak tertuang dalam lagu maupun film tentang jalan Malioboro Jogja yang memikat pengunjung di malam hari tentang makanan yang dijual. Anda dapat mencicipi gudeg, pecel lele, sate kambing dan puluhan jenis makanan lainnya. Konon istilah “lesehan” yaitu tempat makan tanpa kursi (duduk di tikar), berawal dari lokasi ini. Anda tertarik untuk mencicipinya?

  2. Gudeg Wijilan
    kuliner jogja

    Gudeg Wijilan

    Lokasi penjual makanan paling populer khas Jogja yang bernama gudeg ini cukup banyak. Ada di Kaliurang, Malioboro, Jalan Laksda Sucipto, Seputar UGM dan tentu saja di wilayah jalan Wijilan di samping keraton Yogyakarta. Salah satu yang terkenal bernama Yu Djum. Merupakan gudeg yang paling terkenal dan paling diminati oleh masyarakat setempat maupun wisatawan yang berkunjung. Karena citra rasanya yang khas. Terutama juga memiliki kelebihan pada sajian nangkanya yang benar-benar kering, berwarna kecoklatan, dan rasanya tidak terlalu manis di lidah. Gudeg Yu Djum Wijilan juga tahan lama walaupun dibawa ke luar kota.

  3. Oseng-oseng Mercon
    oseng-oseng mercon

    Oseng Mercon

    Nama makanan yang sangat unik yang menjelaskan tentang rasa pedas yang meledak. Kuliner hasil kreasi Bu Narti ini kini telah menjadi kuliner khas Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1998 dan lokasi wisata lidah ini berada di jalan KH ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta. Wujudnya adalah nasi putih panas ditemani oseng-oseng sederhana berisi kikil, gajih, kulit, dan tulang muda. Orang Jogja menyebutnya koyoran. Terlihat sangat berminyak, ditambah kepungan irisan cabai rawit yang bijinya menempel di koyoran. Rasanya yang super pedas sangat menggugah selera anda. nama oseng-oseng mercon adalah pemberian dari budayawan Cak Nun. Konon, beliau sering makan di sini bersama istrinya atau teman-teman seniman.

  4. Sate Kambing Mbah Margo
    sate mbah margo

    Sate Mbah Margo

    Lokasi wisata kuliner lezat ini berada di wilayah Kulon Progo. Di sini, Mbah Margo tidak hanya menjual sate, melainkan beberapa olahan daging kambing lainnya seperti tongseng, gule dan tengkleng. Meskipun terlihat sederhana, warung sate yang sekaligus rumah tinggal Mbah Margo ini memiliki pelaggan tetap yang berasal dari semua kalangan. Berbeda dengan warung sate kebanyakan, sate di sini disajikan tanpa tusuknya. Daging-daging kambing tersebut sengaja dilepas dari tusuknya ketika dihidangkan sehingga mudah dinikmati. Racikan bumbu tongseng ini terasa berbeda sejak suapan pertama. Nikmatnya daging kambing lembut dipadukan dengan kuah tongseng yang kental namun tetap segar terasa begitu “nendang” di mulut. Kombinasi rasa manis dan gurihnya sangat tepat.

  5. Angkringan Lik Man Kopi Joss
    angkringan kopi joss

    Angkringan Lik Man

    Wisata kuliner berbentuk warung minuman unik yang nikmat ini lokasinya dekat stasiun Tugu Yogyakarta ke arah utara. Anda akan menemukan angkringan yang dimaksud tak jauh dari belokan, tepatnya di sebelah kiri jalan. Cirinya, ada dua buah bakul yang dihubungkan dengan bambu, anglo dengan arang yang membara, serta deretan gelas yang ditata. Di sini anda bisa memesan bermacam minuman yang ditawarkan, panas maupun dingin. Pilihan minuman favorit adalah Kopi Joss, kopi yang disajikan panas dengan diberi arang. Kelebihan kopi itu adalah kadar kafeinnya yang rendah karena dinetralisir oleh arang. Kopi Joss lahir dari penelitian mahasiwa Universitas Gadjah Mada yang kebetulan sering nongkrong di Angkringan Lik Man.

  6. Ayam Goreng Suharti Yogyakarta
    kuliner ayam goreng di jogja

    Ayam Goreng Suharti

    Kuliner yang sudah terkenal dan memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia ini pusatnya di jalan Laksda Adisucipto, tepat sebelum flyover jika Anda dari arah solo, walaupun agak jauh dari pusat kota, tetapi itu tak mengurangi minat orang jogja untuk menikmati kelezatan ayam goreng Ny. Suharti ini. Resto ini biasanya ramai pada saat jam makan siang dan liburan sekolah, jangan khawatir untuk memarkir kendaraan Anda karena di sini disediakan tempat parkir yang cukup luas, nyaman dan aman. Jam operasional tempat kuliner ini adalah dari jam 09.00 s/d 21.00. Resto yang terkenal sejak tahun 80-an dan seiring waktu mengalami banyak gosip-gosip yang tidak sesedap masakan yang disajikan.

  7. Nasi Goreng Beringharjo
    kuliner di beringharjo jogja

    Nasi Goreng Beringharjo

    Nasi goreng ini adalah salah satu yang pantas dicicipi sebab kelezatannya telah diakui banyak orang dan dikenal sejak tahun 1960-an, saat sang penjual memulai bisnisnya. Tak perlu menunggu lama jika hendak mencicipinya, sebab penjual biasanya memasak nasi goreng langsung dalam jumlah besar sehingga bisa dihidangkan dalam waktu cepat. Anda bisa datang mulai pukul 18.00 WIB hingga sekitar pukul 23.00 WIB bila ingin mencicipi kuliner tradisional Indonesia ini, serta bisa memilih ingin duduk lesehan atau di kursi yang tersedia. Lokasi kuliner ini sesuai namanya, berada di Jalan Mataram, tepat di pertigaan ketiga sebelah kiri jalan yang menuju ke pasar Beringharjo bersejarah di Yogyakarta itu.

  8. Kedai Rumah Pohon
    rumah pohon jogja

    Kedai Rumah Pohon

    Lokasi Kedai Rumah Pohon berada di Blunyah Rejo TR II/808 Yogyakarta atau sekitar 1 km dari Tugu. Bangunan Kedai Rumah Pohon sangat unik, karena hampir semua bangunannya terbuat dari bambu dan kayu. Bangunannya memiliki 6 lantai yang menjulang ke atas. Tingginya inilah yang membuat kedai makan ini mirip seperti rumah pohon. Wisata kuliner Jogja yang populer ini suasananya asri dan hijau serta sejuk. Menu yang ditawarkan cukup bervariasi. Salah satu menu unggulan disini adalah menu-menu seafoodnya. Jika anda pernah berkunjung ke Dusun Bambu, perbedaannya adalah di tempat ini bisa menampung ratusan orang. Sedangkan yang di dusun bambu Bandung membuat resto lutung Kasarung sebagai tempat khusus makan berdua, walaupun konsepnya sama yaitu resto rumah pohon.

  9. Pempek Bu Kamto
    pempek kamto yogya

    Pempek bu Kamto

    Walaupun jenis masakan yang ditawarkan merupakan kuliner khas dari wilayah Palembang, tetapi milik bu Kamto ini adalah yang paling populer di Jogja. Lokasinya di Jl. Beskalan No. 3, Yogyakarta. Kalau dari Malioboro, ke arah Jalan Ahmad Yani, ada perempatan belok ke kanan, rukonya ada di sebelah kiri jalan. Di sini kita harus pesan dan membayar terlebih dulu kemudian barulah menikmatinya. Setelah pesanan datang, kita harus menambahkan bumbunya sendiri, yang sudah tersedia di atas meja. Ada 2 pilihan bumbu (kuah) yaitu yang biasa dan yang pedas. Rasanya memang benar-benar mantap, pempek empuk dan racikan bumbunya pas. Tidak heran kalau sampai sekarang kuliner Pempek Ny. Kamto sudah memiliki sekitar 10 cabang yang tersebar di Kota Yogyakarta, Semarang, Solo hingga ke Surabaya.

Anda tertarik berwisata kuliner yang lezat di Jogja seperti yang kami referensikan? Pastikan dana yang cukup, dan pastikan ada “ruang tersisa” di dalam perut anda untuk mencicipi semuanya.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege