6 Pelajaran Dari Kebun Binatang di Bandung

  • 1
kebun binatang bandung

6 Pelajaran Dari Kebun Binatang di Bandung

Seperti di beberapa kota besar di Indonesia, kota Bandung juga memiliki kebun binatang yang menjadi kebanggaan masyarakat setempat. Obyek wisata yang menjadi favorite anak-anak ini memiliki beberapa koleksi hewan yang menarik dan arena permainan. Tempat ini selain menjadi sarana rekreasi bagi warga juga merupakan tempat belajar bagi anak-anak untuk lebih mengenal satwa dan lingkungan. Banyak pelajaran berharga yang dapat dipetik mereka sebagai bagian ilmu pengetahuan yang diperoleh di luar lingkup sekolah. Dan ini menjadi bekal hidup yang penting bagi mereka. Kebun binatang di kota Bandung sudah berdiri sejak tahun 1930 dan menjadi salah satu andalan wisata kota ini. Apa saja yang bisa dipelajari? Silakan simak info terbaik dari Portal Wisatania.

kebun binatang bandung

Harimau, Primadona di Kebun Binatang Bandung

Sejarah Berdirinya

Sejarahnya, kebun binatang ini memiliki nama Derenten (dierentuin) yang didirikan oleh Bandung Zoological Park (BZP). Lalu pada tahun 1956 BZP dibubarkan dan berganti menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari di tahun 1957. Nama itu didasari karena lokasinya di area Taman Sari. Jika anda berkunjung ke kota ini, carilah kampus ITB dan lokasi bonbin ini ada di dekatnya. Sebagai salah satu tempat wisata di kota Bandung yang menarik banyak kalangan usia, tempat rekreasi ini selalu diperbaharui agar lebih berkontribusi terhadap pendapatan daerah.


Kegiatan Wisata Keluarga

Pelajaran berharga bagi keluarga termasuk kegiatan rekreasi yang diperoleh di tempat ini 6 hal diantaranya:

  • Wisata murah, dengan tiket masuk kebun binatang Bandung sebesar Rp. 20.000 per orang, sudah dapat melihat koleksi binatang yang berjumlah hingga 1800 hewan dari 213 jenis, di mana 79 jenis diantaranya merupakan hewan yang dilindungi. Yang mendapat perhatian banyak dari pengunjung adalah keberadaan beruang madu yang lucu, yang kadang berinteraksi dengan wisatawan walaupun dari kejauhan. Koleksi hewan langka lain yang juga menarik minat masyarakat Bandung adalah keberadaan Unta, Surili dan Kuda Nil serta Singa dan Harimau. Semuanya ini tertampung pada area yang luasnya 13,5 hektar.
  • Melihat fosil hewan di museum Zoologi. Anak-anak dapat belajar banyak tentang binatang yang ada di zaman dahulu. Selama ini mereka mungkin hanya melihat gambarnya saja melalui buku, tetapi di museum Zoologi Bandung ini mereka dapat melihat langsung tulang-tulang binatang langka.
  • Koleksi akuarium yang disukai oleh anak-anak. Mereka dapat belajar berbagai jenis ikan yang berwarna-warni.
  • Di kebun binatang ini, anda juga menemukan berbagai alat permainan yang cukup favorite dan selalu memiliki antrian yang panjang kala hari libur. Yaitu Flying Fox dan kolam perahu bebek. Yang tidak kalah menarik juga adalah kegiatan keliling dengan menggunakan kuda seperti yang dilakukan di De Ranch.
  • Beberapa hewan nampaknya kurang nyaman dengan kondisi kandangnya yang sempit. Contohnya kandang Buaya yang tidak sebanding dengan ukuran hewan tersebut sehingga tidak bisa bergerak. Saat admin datang ke sana, terdengar celoteh dari seorang anak kecil yang menyatakan tidak mau hidup di rumah yang kecil kaya kandang buaya tersebut, karena tidak bisa bermain ke sana kemari. Seorang anak kecil belajar dari apa yang dia lihat di kebun binatang Bandung ini.
  • Secara umum, jika berekreasi bersama keluarga di kebun binatang yang ada di Bandung ini, biasanya anak-anak menyukai atraksi permainan (flying fox) dan menunggang kuda yang berada di luar arena kandang. Alasan mereka sebenarnya cukup sederhana, yaitu masalah kebersihan kandang. Beberapa kali terdengar celoteh anak kecil yang tidak mau beranjak masuk ke area kandang hewan dengan alasan kotor. Rasanya, hal ini perlu menjadi pelajaran bagi pengelola. Apakah mereka tidak pernah mendengar pendapat seperti ini?

Demikianlah 6 hal atau pelajaran penting yang bisa diperoleh bagi siapapun yang datang ke tempat wisata murah di Bandung ini. Dan pelajaran yang sama juga dapat diambil oleh pengelola kebun binatang, terutama beberapa pendapat yang sering terungkap dari pengunjung yang hadir di tempat rekreasi keluarga ini. Kondisi kandang hewan dan kebersihan adalah isu penting yang harus segera ditindaklanjuti. Memang wilayah ini tidak seluas taman Safari Cisarua yang menjadi kebanggaan wisata Bogor. Tetapi jika penataannya tepat, rasanya kenyamanan pengunjung tetap dapat diraih. Jika anda berkunjung ke sini, jangan lupa berkunjung pula ke museum Zoologi. Anak-anak bisa belajar banyak di museum yang bersejarah ini.

Dan untuk mempermudah perjalanan anda mengunjungi Kebun Binatang di kota Bandung ini, silakan ikuti panduan yang tertera pada peta di bawah.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege