Floating Market, Wisata Seru di Lembang Bandung

  • 1
pasar apung lembang

Floating Market, Wisata Seru di Lembang Bandung

Wilayah Lembang semakin menarik dengan kehadiran obyek wisata seru yaitu Floating Market (Pasar Apung) di utara kota Bandung. Tempat yang unik bahkan baru pertama kali di Jawa Barat ini cukup memikat apalagi dikemas dalam bentuk sarana rekreasi. Jika kita melihat hal yang sama di perairan Kalimantan atau di Thailand maupun Vietnam, sangat jelas penataan obyek ini jauh lebih baik. Di wilayah lain, konsep pasar lebih terlihat kental daripada pariwisata. Tetapi Floating Market yang di Lembang ini sangat jelas diciptakan demi meramaikan tujuan wisata di kota Bandung agar lebih berwarna.

Akses Lokasi


Jika anda tertarik berkunjung ke tempat ini, akses termudah adalah dengan melalui pasar Lembang dan berputar mengeliling tersebut. Anda akan menemukan Grand hotel. Floating market ini memang berada di jalan Grand Hotel no 33E, Lembang, Bandung. Tiket masuk obyek wisata ini cukup murah. Saat ini dikenakan Rp. 15.000 per orang. Dan tiket yang anda dapatkan, bisa ditukar dengan welcome drink di pintu masuk.

Sejarah Berdirinya

Pasar apung di Lembang ini awalnya memiliki sejarah berupa danau alami yang bernama “Situ Umar” yang juga merupakan kolam pemancingan. Pada awal Desember 2012 tempat ini dibuka dengan konsep “floating market” dengan tujuan sebagai tempat wisata keluarga di Bandung. Khusus untuk “food court” dan pusat oleh-oleh khas sunda yang dijual terapung hanya buka di hari jumat, sabtu dan minggu. Sedangkan taman bermain dan resto-resto yang tersedia tetap buka saat hari biasa (weekdays). Tempat yang unik ini menempati lahan seluas 7,2 hektar ini masih akan terus dikembangkan, hingga nantinya akan disediakan tempat peristirahatan (penginapan).

Apa Yang Dilakukan Di sini?

Sebagai taman rekreasi bagi keluarga yang menyenangkan di wilayah Bandung utara, maka berikut ini ada beberapa kegiatan menarik yang dapat dilakukan oleh pengunjung di floating market yang merupakan wisata Lembang paling populer saat ini. Diantaranya:

  1. Belanja di Food Court Terapung. Seperti yang telah dijelaskan di atas, jika tujuan anda berlibur ke tempat ini ingin melihat keunikan jual beli di atas air, silakan datang saat hari jumat hingga minggu. Transaksi yang dilakukan dengan menggunakan koin khusus dengan nominal setara 5 ribu, 10 ribu, 50 ribu dan 100 ribu. Koin ini dapat anda tukar di pintu masuk. Biasanya yang dijual di atas perahu adalah makanan. Sedangkan obyek menarik di pinggir danau adalah berupa dermaga, jembatan, lokasi factory outlet, pusat oleh-oleh dan resto seafood, nasi timbal, pizza dan lain-lain.

    pasar apung lembang

    Foodcourt Terapung

  2. Taman Angsa. Anak-anak anda pasti menyukai peternakan angsa yang ada di floating market ini. Suhu udara kawasan Lembang memang cocok untuk pengembangan hewan ternak ini. Di taman angsa selain berfoto dengan unggas putih, dapat juga memberi makan. Tetapi disarankan sebagai orang tua, anda tetap harus waspada karena pada tingkat kemarahan tertentu, angsa ini dapat saja mematuk anak anda jika dirasa membahayakannya.

    peternakan angsa

    Wahana Taman Angsa

  3. Taman Kelinci. Hewan lain yang dipelihara di tempat rekreasi pasar terapung di Bandung ini adalah kelinci. Kelucuannya yang berlarian kadang dianggap sebagai “teman bermain” oleh anak kecil, sehingga tidak jarang terjadi kejar-kejaran dengan kelinci. Di akhir pekan, taman Kelinci sangat ramai dipenuhi anak-anak.

    peternakan kelinci

    Wahana Taman Kelinci

  4. Kampung Leuit. Di bagian belakang floating market ini terdapat area yang menghadirkan suasana pedesaan tradisional Bandung yang lengkap dengan saung dikelilingi sawah. Saung ini dapat dipakai sebagai tempat makan yang sangat eksotis karena suasana pedesaan yang kental. Kampung leuit berarti juga lumbung padi, jadi sangat wajar jika sawah adalah elemen utama di area ini.

    taman saung kampung leuit

    Kampung Leuit

  5. Bemain Sampan dan Sepeda Air. Jika anda ingin mengayuh sampan, anda dapat menyewanya dengan tarif yang murah. bahkan bagi pengunjung pasar apung yang tidak ingin lelah mengayuh dayung sampan, dapat juga menggunakan jasa ojek perahu dan membayar seribu rupiah.

    perahu dayung

    Bemain Sampan

Sebagai obyek wisata seru dan unik bagi keluarga di Bandung, kesiapan pengelola Floating Market cukup diacungi jempol. Karena tempat ini memiliki areal parkir yang cukup luas. Wilayah Lembang yang dikenal macet dengan jalanan yang kecil cukup terbantukan dengan keberadaan lokasi parkir luas di bagian dalam, sehingga tidak memperparah kemacetan karena kendaraan yang parkir sembarangan di pinggir jalan. Segera hubungi travel agent anda untuk merencanakan liburan dengan paket wisata menarik menuju ke tempat ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege