Curug Dago Tempat Eksotis di Bandung

  • 1
curug dago bandung

Curug Dago Tempat Eksotis di Bandung

Salah satu wisata alam yang dikenal eksotis dan menarik adalah Curug Dago yang cukup dekat dengan kota Bandung. Obyek ini memiliki ketinggian hanya 12 meter saja tetapi keindahan pemandangan sekitarnya membuat takjub para pengunjung. Eksotisme pemandangan alam yang tercipta didukung oleh suasana Hutan Raya Juanda yang sejuk dan saung-saung yang menarik tempat beristirahat para wisatawan. Jika anda telah memasuki kawasan Dago Pakar di Bandung, maka artinya perjalanan anda kurang dari dua kilometer dari curug yang indah ini.

curug dago bandung

Curug Dago

Curug Dago yang berada di area Taman Hutan Raya Juanda ini dikelilingi oleh berbagai tanaman tropis dengan pemandangan hijau. Suasananya mirip dengan air terjun Bidadari yang menjadi tempat wisata di Palembang yang populer yang berada di tengah hutan. Untuk menuju lokasi air terjun di Bandung ini, dari terminal Dago lanjutkan perjalanan menuju Taman Budaya. Anda dapat memarkirkan kendaraan di area tersebut karena lokasi menuju curug ini tidak dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat. Dari sana, terdapat jalan setapak sepanjang 1,2 km. Setelah itu, akan menemukan papan besar dengan tulisan petunjuk air terjun eksotis ini, sekitar 100 meter atau beberapa menit menuju lokasi curug ini berada. Selain menyimpan keindahan alam, di area Curug Dago terdapat Prasasti dalam bongkahan batu andesit; peninggalan bersejarah dengan tulisan dan bahasa thailand yang menyebutkan raja-raja Thailand Thailand ke V dan Vii yaitu PYM Raja Chulalonkorn dan PYM Raja Paraminthara dari dinasti Chakri yang menganut agama Budha sekte Theravada, yang konon pernah berkunjung ke Bandung. Oleh warga Budha di Indonesia, prasasti di curug ini dianggap sebagai tempat suci dan kramat.


Sangat disayangkan kondisi air terjun curug Dago di Bandung ini tidak seperti dulu lagi. Kalau dulu airnya cukup jernih kebiruan, sekarang berwarna kecoklatan. Hal ini disebabkan oleh aliran air terjun ini mengandung lumpur. Ini menandakan bahwa kawasan hutan di bagian hulu sungai sudah berkurang sehingga dengan mudah tanah menjadi tergerus dan terbawa hingga Curug Dago ini. Tetapi kondisi ini tidak mengurangi keindahan foto eksotis yang tercipta di air terjun yang menjadi bagian wisata di Bandung ini.

Jika anda tertarik berkunjung dan menikmati obyek wisata ini sambil menikmati kuliner lezat yang dijajakan oleh penjual di sekitar Hutan Raya, anda dapat mengikuti panduan peta yang kami berikan di bawah ini.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege