Cara Menjalankan Peluang Bisnis Travel Agent

  • 1
peluang usaha travel agent

Cara Menjalankan Peluang Bisnis Travel Agent

Tags :

Category : Review Bisnis

Salah satu usaha yang berkembang di Indonesia dengan pesat adalah menjalankan peluang bisnis travel agent dengan cara online. Pariwisata di wilayah nusantara yang sangat beragam dan sangat indah, serta dukungan masyarakat dan pemerintah yang ingin mengembangkannya di wilayah masing-masing, memicu banyak pemula yang biasanya perorangan, untuk mengelola bisnis yang terkait. Dan seiring kemajuan teknologi internet, maka peluang yang besar terbuka lebar dengan memanfaatkan media online ini untuk memasarkan bisnisnya. Anda tertarik menjalankannya? Silakan baca cara pengelolaan berikut ini.

Adapun jenis dan ragam jasa yang terkait dengan kegiatan travelling cukup banyak. Dan pilihan peluang bisnis yang dapat anda jalankan juga bervariasi caranya. Beberapa contoh usaha yang bisa dikembangkan diantaranya:


  • Bisnis tiket pesawat, kereta api dan bus secara online.
  • Jasa pengurusan visa dan passpor.
  • Peluang bisnis periklanan terkait dengan pariwisata.
  • Penjualan kamar hotel.
  • Tour guide baik secara offline maupun dengan media portal wisata.
  • Menjual paket wisata (outbound dan inbound tour).
  • Rental mobil.
  • Jasa penjualan asuransi pariwisata (travel insurance).
  • Review hotel maupun tempat wisata di blog.

Cara Pengelolaan

peluang bisnis travel

Bisnis Travel Online

Dari seluruh kegiatan yang terkait dengan bisnis travel agent yang telah kami sebutkan di atas, maka tips yang disampaikan di bawah ini mengkhususkan diri untuk menjalankan peluang usaha tersebut secara online. Adapun cara terbaik untuk anda lakukan sebagai pemula adalah sebagai berikut:

    1. Raih kerjasama dengan banyak pihak. Anda dapat memilih peluang bisnis afiliasi maupun keagenan. Di media internet sangat banyak ditawarkan jenis usaha sampingan seperti ini. Anda dapat mendaftarkan secara gratis (afiliasi) atau bahkan dengan modal tertentu sebagai agen pemasaran dari perusahaan travel yang telah eksis. Bahkan belakangan ini juga berkembang sistem afiliasi untuk rental mobil (makelaran) sehingga anda tidak perlu memiliki armada untuk menjalankannya. Cukup jalin kerjasama dengan pihak pengelola persewaan kendaraan, lalu bantulah memasarkannya.
    2. Cara terbaik setelah bekerjasama dengan pihak terkait, buatlah blog khusus. Jika status anda sebagai afiliasi, teknik pemasaran melalui pembuatan blog sangat disarankan. Memang jika ingin menekan modal, anda disarankan mengetahui teknik optimasi. Tetapi jika anda memiliki dana yang cukup, peluang bisnis travel online ini bisa dijalankan dengan beriklan seperti pada google adwords, facebook ads atau kerjasama periklanan pada situs yang memiliki kunjungan tinggi pada bisnis terkait pariwisata, seperti portal wisatania ini.

  1. Manfaatkan social media sebagai alat pemasaran. Kegiatan internet marketing tidak pernah melepaskan peran social media untuk memasarkan produk dan jasa. Facebook, twitter, instagram dan google plus adalah media yang sudah umum digunakan. Tapi kini ada hal yang cukup menarik dan dapat anda kembangkan menjadi sarana pemasaran tangguh yaitu menggunakan video Youtube. Perkembangan media ini sangat mengagumkan, dan bahkan didukung oleh pengguna internet. Saat ini, sebagian orang sudah bosan melihat informasi wisata melalui gambar dan tulisan yang dibuat oleh agent perjalanan wisata. Mereka ingin melihat secara langsung tempat menarik yang ingin dikunjungi.
  2. Fokus pada jenis bisnis yang dipilih. Banyak pemula yang menjalankan peluang usaha travel dengan cara ingin melakukan semuanya. Mulai bertindak sebagai agen tiket pesawat online, hotel, jasa tour guide, pengurusan dokumen wisata, agen asuransi dan lain-lain. Anda dijamin kewalahan dan malah mengalami kemunduran. Adalah hal yang tidak mungkin jika anda melakukan semuanya itu sendirian. Coba lihat perusahaan biro perjalanan wisata, ada team yang mengelola, bukan?
  3. Aktif untuk bertanya. Cara terbaik bagi seorang pemula ada berdiskusi dan konsultasi dengan pihak yang sudah lebih dulu eksis. Anda bisa mengunjungi travel blogger, menghubungi perusahaan tempat anda berafiliasi, maupun aktif dalam forum maupun komunitas di media online. Perkaya pengetahuan secara cepat dengan teknik-teknik yang kami sebutkan tadi.

Demikianlah tips yang semoga berguna bagi anda yang mencoba meraih penghasilan melalui peluang bisnis travel agent secara online. Jika anda memiliki hobi travelling, menjalankan usaha seperti ini sangat tepat. Apalagi dunia pariwisata tidak akan pernah “mati” dan akan selalu berkembang. Prinsipnya adalah belajar dan selalu belajar bagaimana cara pengelolaannya, dan raihlah pengalaman sebanyak-banyaknya, maka kesuksesan akan berada di hadapan anda.


About Author

Nelson Sitompul

Anda butuh pinjaman dana tunai? Kunjungi SIDUIT.COM yang melayani lebih 200 cabang di seluruh Indonesia. Didukung leasing resmi anggota APPI dan di bawah pengawasan OJK.

Iklan

God Bless You

wisatania messege